Untuk permintaan Onsite dan Produk lainnya dapat mengunjungi website kami di www.dsconsultings.com

Pencatatan Leasing Aktiva Tetap

Misalkan perusahaan membeli kendaraan kepada Dealer tsb dengan cara leasing  dengan membayar secara cicilan berikut dengan bunganya.
Contoh :
– Harga suatu kendaraan adalah Rp 195 juta.
– Ada biaya asuransi dan biaya administrasi masing-masing adalah Rp 4 juta dan Rp 1 juta.
– Ada pembayaran Uang Muka sebesar 50 juta
Asumsi, kedua biaya tsb ingin diakui sebagai cost kendaraan, maka langkahnya adalah sbb:
1.        Buat Akun baru bernama “Transaksi Aktiva Tetap” dengan tipe Other Current Asset.

2.        Buat Item baru dengan tipe Non Inventory Part, nama item nya samakan saja yaitu “Fixed Asset Transaction” >  Lalu pada tab  GL Account nya Anda harus set semua kolomke akun Transaksi Aktiva Tetap yang dibuat dilangkah no.1, kecuali untuk unbilled goods accountnya. (capture 1 a & b)
(capture 1a)

(capture 1b)
3.         Setelah itu buat Purchase Invoice, isikan nama item Fixed Asset Transaction dengan nilainya adalah 200 juta (195 juta + 4 juta + 1 juta) lihat capture 2. Sampai disini jurnal yang terbentuk adalah :
(Dr) FAT 200 juta
(Cr) Hutang 200 juta
(capture 2)

4.        Dalam leasing biasanya sudah ada DP yang harus kita bayarkan. Maka ketika sudah membuat Purchase Invoice atas item Fixed Asset Transaction (tipe non inventory part) sebesar Rp 200 juta, klik Purchase Payment, isikan payment amount nya sebesar nilai DP yang kita bayarkan, yaitu Rp 50 juta. Maka jurnal yang terbentuk disini adalah :
(Dr) Hutang 50 juta
(Cr) Kas/Bank 50 juta

5.        Lalu buat aktiva barunya dari menu List > Fixed Asset > Fixed Asset List > New ( Isikan informasi Fixed Asset nya) dan pada tab Expenditure isikan akun Transaksi Aktifa Tetap sebesar Rp 200 juta. Dengan begitu jurnal yang terbentuk disini adalah :
(Dr) Nama aktiva nya 200 juta
(Cr) Fixed Asset Transaction 200 juta
(capture 4a)

(capture 4b)

– Sehingga akun FAT ini akan saling habis karena posisinya yang di debet dan kredit sebesar 200 juta
Dengan DP yang sudah dibayar, maka sisa hutang yang harus dibayar adalah Rp 60 juta. berarti cicilan yang harus dibayarkan atas aktiva tsb adalah sebesar Rp 2,5 juta/bulan
Untuk mekanisme pembayaran cicilannya adalah sbb :
·         Masuk kembali ke Purchase Invoice tsb, kemudian klik Purchase Payment, isikan payment amount nya sebesar Rp 2.5 juta. Untuk pembayaran bunga leasing nya, masih di Purchase Payment tsb lalu klik kanan pilih discount info, isikan discount amount sebesar minus biaya bunga nya. Discount account isikan dengan akun yang menampung biaya bunga tsb | Save & Close |.
*lakukan hal yang sama sebanyak cicilan nya yaitu 60 kali.


0 komentar:

Posting Komentar