Tuan A adalah seorang Pengusaha Konveksi Pakaian dimana
memerlukan jasa makloon (bordir) untuk pakaian yang di produksinya . Cara
pencatatan Jasa Makloon dimana jika user yang menerima jasa dan melakukan
pembayaran adalah
1. Buat gudang
baru yaitu dari menu List > Inventories >
Warehouse > New >
dengan nama Gudang Makloon (capture 1)
(capture 1)
2. Kemudian
transfer item A misalkan (Bahan Polos) dari gudang Depan ke gudang Makloon yaitu dari
menu List > Inventories > Item Transfer dari
gudang Depan ke gudang Makloon
(Tampilan akan seperti dibawah ini)
(capture
2)
Setelah bahan
polos sudah berpindah ke gudang makloon maka Anda harus melanjutkan ke Job
Costing (dianggap sbg pencatatan produksi saat bahan polos menjadi bahan yang
sudah di bordir)
3. Melakukan Job
Costing dengan cara :
Klik List >
Job Costing > Isi kolom keterangan di yang diperlukan sbg informasi
Pada pilihan kotak pertanyaan “Job Cost Account” > mapping ke akun Persediaan dalam Proses
Lalu isi keterangan item barang yang di makloon (Bahan
Polos) & biaya jasa makloonnya (yang akan dibebankan ke barang)
Lihat capture 3 a&b
(capture 3)
(capture
3b)
4. klik tombol next (fungsi seperti tombol save tanpa menutup window job
costingnya > Lalu Anda klik tombol
back (menampilkan kembali form job costing yang sebelumnya disimpan). Lihat
capture 4 a&b
(capture 4a)
(capture 4b)
5. Lalu klik
finishing untuk roll over > menampilkan kotak roll over baru > isikan
menjadi barang yang merupakan hasil makloon (contoh : dengan bahan polos 2m lalu
di makloon menjadi bahan bordir dengan
qty 10pcs ) > ok > ok
(capture 5a)
(capture 5b)
6. Lalu saat bahan
bordir kembali dari makloon maka Anda harus melakukan perpindahan gudang, yakni
dari Gudang Makloon kembali ke Gudang Depan (hal ini menandakan bahwa
bahan bordir sudah ada di gudang Anda dan siap di gunakan untuk proses produksi
selanjutnya)
Caranya sama dengan capture 2, hanya diedit pada
“Transfer From menjadi Gudang Makloon” dan “Transfer To menjadi Depan”
sedangkan untuk itemnya menjadi barang roll over an (Bordir dengan qty 10 pcs)
7. Selanjutnya
tinggal Anda mencatat Invoice dari Vendor Makloon
List > Purchase > Purchase
Invoice > isi keterangan vendor dan
keterangan lain > untuk item diisikan jenis barang Non Inv. Part (jasa
makloon) sebesar tagihan > save
(capture 7)
Dear Team DS,
BalasHapusTerima kasih atas infonya, tapi ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan,
1. bagaimana klo penerimaan hasil maklon bersifat parsial untuk pengiriman balik barangnya dari maklon ke kita? mohon dibantu team DS
Regards,